MASUKKAN KODE SLIDESHOW DI SINI

twitter.com

Kamis, 21 April 2016

Game Maze Block Pada Blender

GAME MAZE BLOCK


kali ini saya Tio Pamungkas dari 3IA09 dengan NPM:58413918 akan menjelaskan sedikit tentang ide dan pembuatan game “Maze Block” yang menggunakan aplikasi blender. Saya sarankan perhatikan dengan baik-baik. Selain untuk membuat desain grafis blender juga menyediakan fitur blender game, dimana game yang di buat berbentuk  3 dimensi. Blender menyediakan fitur-fitur controller yang cukup lengkap pada menu-nya. Oleh karena itu pembuatan game pada blender dapat dengan mudah dipahami.

Sebelum menggunakan blender untuk membuat game kita harus memahami fungsi-fungsi yang ada pada tool maupun key yang digunakan. Seperti contoh numlock 7 ialah untuk mengarahkan kamera tepat disisi atas objek ( kubus adalah objek default awalnya ). Dan numlock 1 untuk melihat objek dari sisi samping. Klik shift+A untuk nambahkan objek .  Itu adalah sedikit contoh dari tool dan key pada blender, selanjutnya kita langsung masuk pada pembuatan game pada blender.

Karena disini tujuannya membuat game labirin,maka kita harus membuat sebuah labirin yang dapat dibentuk dengan menggunakan Plane yang terdapat pada blender,kemudian dari plane tersebut baru kita bisa membuat model labirin sesuai yang kita inginkan menggunakan tool extrude plane.Terlihat seperti gambar dibawah ini yang berperan sebagai pemain adalah sebuah kubus berwarna putih yang akan melewati rintangan labirin dengan tambahan gangguan dari kubus berwarna merah yang dibuat,jika berhasil melewati semua rintangan maka tentunya akan mencapai finish/menang.


Untuk membuat sebuah game,tentunya harus memiliki logika agar mencapai suatu tujuan,pada tutorial yang saya pelajari,kita harus masuk ke menu blender game dan tampilan logic break agar kita bisa memberi logika pada game kita,disini akan diberi logika untuk si pemain(kubus putih) agar bisa bergerak sesuai yang kita kehendaki menggunakan keyboard.
Terdapat tiga tools utama untuk memberi logika pada objek,yaitu Sensor,Controller dan Actuator.
Sensor berfungsi sebagai alat penggerak objek,disini memakai keyboard sebagai penggerak objek
Controller adalah alur logika untuk menghubungkan antara sensor dan actuator,contoh controller seperti and,or dll.


Kemudian Actuator berfungsi sebagai pemberi aksi pada objek,actuator dapat membuat objek bergerak.Seperti gambar dibawah ini pertama beri sensor pada objek kubus putih berupa keyboard agar kita bisa menjalankan objek menggunakan keyboard,kemudian pada beri pilih actuator dan motion yang berfungsi memberi gerak pada si objek.Pada motion,terdapat sumbu x,y,z yang biasa digunakan blender untuk menentukan titik koordinat daerah yang akan dilewati.Agar kubus dapat bergerak maju,maka atur sumbu x sebesar 0.1 dan sumbu yang lainnya dibiarkan 0.Sebaliknya agar kubus dapat bergerak mundur,atur sumbu x menjadi -0.1 dan sumbu lainnya dibiarkan 0 juga.begitu juga untuk berjalan ke kanan kekiri kita harus menentukan sumbu apa yang bisa digunakan.Nah,untuk menggabungkan antara keyboard dan gerak yang sudah diatur,maka digunakan controller and agar logika keyboard dan motion dapat berjalan bersamaan.

Dan outputnya kira-kira seperti ini: 





Referensi : http://nurulhanifah28.blogspot.co.id/2015/04/tutorial-game-labirin-menggunakan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar