GAME MAZE BLOCK
kali ini saya Tio Pamungkas dari 3IA09
dengan NPM:58413918 akan menjelaskan
sedikit tentang ide dan pembuatan game “Maze Block” yang menggunakan aplikasi
blender. Saya sarankan perhatikan dengan baik-baik. Selain untuk membuat desain
grafis blender juga menyediakan fitur blender game, dimana game yang di buat
berbentuk 3 dimensi. Blender menyediakan
fitur-fitur controller yang cukup lengkap pada menu-nya. Oleh karena itu pembuatan
game pada blender dapat dengan mudah dipahami.
Sebelum menggunakan blender untuk
membuat game kita harus memahami fungsi-fungsi yang ada pada tool maupun key
yang digunakan. Seperti contoh numlock 7
ialah untuk mengarahkan kamera tepat disisi atas objek ( kubus adalah objek
default awalnya ). Dan numlock 1
untuk melihat objek dari sisi samping. Klik shift+A untuk nambahkan objek . Itu adalah sedikit contoh dari tool dan key
pada blender, selanjutnya kita langsung masuk pada pembuatan game pada blender.
Karena disini tujuannya membuat game
labirin,maka kita harus membuat sebuah labirin yang dapat dibentuk dengan
menggunakan Plane yang terdapat pada blender,kemudian dari plane tersebut baru
kita bisa membuat model labirin sesuai yang kita inginkan menggunakan tool
extrude plane.Terlihat seperti gambar dibawah ini yang berperan sebagai pemain
adalah sebuah kubus berwarna putih yang akan melewati rintangan labirin dengan
tambahan gangguan dari kubus berwarna merah yang dibuat,jika berhasil melewati
semua rintangan maka tentunya akan mencapai finish/menang.
Untuk membuat sebuah game,tentunya
harus memiliki logika agar mencapai suatu tujuan,pada tutorial yang saya
pelajari,kita harus masuk ke menu blender game dan tampilan logic break agar
kita bisa memberi logika pada game kita,disini akan diberi logika untuk si
pemain(kubus putih) agar bisa bergerak sesuai yang kita kehendaki menggunakan
keyboard.
Terdapat tiga tools utama untuk memberi
logika pada objek,yaitu Sensor,Controller dan Actuator.
Sensor berfungsi sebagai alat penggerak
objek,disini memakai keyboard sebagai penggerak objek
Controller adalah alur logika untuk
menghubungkan antara sensor dan actuator,contoh controller seperti and,or dll.
Kemudian Actuator berfungsi sebagai pemberi aksi pada objek,actuator dapat membuat objek bergerak.Seperti gambar dibawah ini pertama beri sensor pada objek kubus putih berupa keyboard agar kita bisa menjalankan objek menggunakan keyboard,kemudian pada beri pilih actuator dan motion yang berfungsi memberi gerak pada si objek.Pada motion,terdapat sumbu x,y,z yang biasa digunakan blender untuk menentukan titik koordinat daerah yang akan dilewati.Agar kubus dapat bergerak maju,maka atur sumbu x sebesar 0.1 dan sumbu yang lainnya dibiarkan 0.Sebaliknya agar kubus dapat bergerak mundur,atur sumbu x menjadi -0.1 dan sumbu lainnya dibiarkan 0 juga.begitu juga untuk berjalan ke kanan kekiri kita harus menentukan sumbu apa yang bisa digunakan.Nah,untuk menggabungkan antara keyboard dan gerak yang sudah diatur,maka digunakan controller and agar logika keyboard dan motion dapat berjalan bersamaan.
Dan outputnya kira-kira seperti ini:

Referensi : http://nurulhanifah28.blogspot.co.id/2015/04/tutorial-game-labirin-menggunakan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar